Pidato - Pengaruh Makanan Cepat Saji Pada Masyarakat

Selamat pagi, semuanya!
Puji dan syukur kita ucapkan pada Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan rahmatNya kita dapat berkumpul bersama di ruangan ini.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas topic tentang pengaruh makanan cepat saji pada masyarakat. Zaman sekarang, masyarakat ingin yang instant-instan saja. Keadaan ini diperjelas dengan kemajuan teknologi yang membuat semua orang berlomba-lomba ingin membeli gadget ataupun barang-barang keluaran terbaru. Ya, itulah perkembangan zaman.
Ternyata, ‘keinstanan’ masyarakat tidak hanya dalam masalah gadget saja, tapi juga makanan. Karena sudah malas memasak, orang akan cenderung membeli makanan cepat saji. Ditambah dengan layanan cepat antar, ooh tidak perlu bepergian kemana-mana makanan akan diantar sampai rumah. Makanan cepat saji itu enak, instant, dan beberapa ada yang harganya terjangkau. Yah, menurut pendapat saya, makanan cepat saja memang enak, sih. Tapi, bagaimana dengan nutrisinya?

Ada beberapa perbedaan antara makanan cepat saji dan makanan yang dimasak sendiri atau home cook. Masakan sendiri lebih terpercaya dan nutrisinya bisa kita kontrol secara pribadi. Kita tentu memilih bahan makanan yang segar dan sehat, bukan? Dibandingkan dengan makanan cepat saji yang bahannya tidak kita ketahui secara pasti halal atau tidak, anda lebih memilih yang mana? Belum lagi penambahan bahan kimia seperti vetsin, pewarna makanan berbahaya, bahkan boraks. Jika bahannya sudah dimasak dan masuk ke tubuh kita, bayangkan saja apa yang terjadi! Masih inginkah kita mengkonsumsi makanan yang berefek buruk bagi kesehatan?

Menurut saya pribadi, makanan cepat saji itu boleh-boleh saja, tapi harus ada aturannya. Pertama, hendaklah kita cermat memilih makanan. Pilihlah makanan dari restaurant terpecaya. Cermat dalam memilih makanan itu penting, kalau perlu kita pun harus tahu bahan apa yang disertakan di makanan yang kita makan. Jangan juga keseringan memakan makanan cepat-saji, karena cakupan gizi kita harus terpenuhi. Biasakanlah memakan makanan sehat untuk kebutuhan sehari-hari.

Marilah kita menjaga dan memperhatikan makanan yang kita konsumsi demi kesehatan diri-masing-masing. Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

1 comments - Add Yours

Anonymous said...

thanks infonya. copy yah buat tugas kuliah :)

Post a Comment